Tips Belajar Diving Bagi Pemula

Posted on Updated on

PANTAI seringkali menjadi pilihan wisata di akhir pekan. Bermain air, membuat istana pasir, atau sekedar berjemur. Ingin coba aktivitas lain seperti diving?

Diving tidak sekedar menyelam, karena diperlukan teknik-teknik khusus agar tetap aman dan nyaman di dalam air. Bagi Anda yang masih pemula, ada baiknya jika Anda mencari tempat belajar diving untuk mempelajari teknik-tekniknya.

Jika sudah lihai, Anda bisa dengan nyaman menikmati keindahan bawah laut. Siapa tahu Anda bisa bertemu dengan Nemo, si ikan warna-warni yang lucu!

  1. Kuasai Teknik. Sebelum belajar diving, pastikan Anda telah menguasai teknik-teknik dasar berenang. Sebelum memulai pelajaran diving, ada baiknya jika Anda kembali rutin latihan renang agar mudah beradaptasi dengan lingkungan air. Selain itu juga untuk merilekskan otot selama di dalam air.
  2. Carilah referensi mengenai diving. Apa saja yang diperlukan untuk belajar diving, apa saja yang bisa Anda lakukan saat di bawah air, serta lokasi belajar dan instruktur diving yang kompeten. Anda dapat menvari referensinya melalui internet atau rekomendasi dari orang-orang yang sudah pernah mencoba kegiatan air ini.
  3. Gali Informasi. Saat berkunjung ke dive center, gali informasi sedalam-dalamnya dari instruktur. Jangan malu untuk bertanya. Mintalah instruktur Anda untuk memperlihatkan sertifikasinya dalam mengajar diving. Untuk yang satu ini, biasanya ada sertifikat khusus yang dikeluarkan oleh organisasi diving resmi. Jika Anda memiliki penyakit tertentu, seperti asma, katakan pada instruktur. Agar resiko dapat dicegah dan Anda bisa menikmati kegiatan diving dengan nyaman.
  4. Perhatikan fasilitas latihan di dive center. Apakah terdapat kolam sendiri atau ‘nebeng’ di kolam renang umum? Jika Anda nyaman untuk latihan diving di kolam renang umum, boleh-boleh saja. Apakah instrukutrnya sudah mahir? Idealnya, satu orang instruktur hanya menangani tidak lebih dari lima orang. Jika lebih dari lima orang, dive master harus turun tangan. Dive master pun hanya diperbolehkan melatih sebanyak-banyaknya delapan orang.
  5. Miliki Peralatan. Jika sudah mahir, tidak ada salahnya jika Anda memiliki peralatan diving sendiri agar bisa digunakan di kesempatan berikutnya.
Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s