Home

Berikut ini penjelasan soal makanan yang mengandung nutrisi terbaik bagi wanita di segala usia, sebagaimana dilansir Eatingwell.

Daging sapi untuk wanita di usia 20-an

Dalam setiap tiga ons daging sapi mengandung tiga miligram zat besi atau 15 persen dari kebutuhan sehari-hari. Zat besi dibutuhkan untuk mengangkut oksigen dari paru-paru ke sel-sel tubuh. Saat wanita sedang masa subur dibutuhkan sekira 18 miligram zat besi dalam satu hari. Hal ini untuk mengganti hilangnya zat besi setiap bulan saat menstruasi. Sementara saat mengandung, wanita membutuhkan zat besi sebanyak 27 miligram sehari.

Selain dari daging sapi, zat besi bisa didapatkan dari kacang-kacangan (terkandung zat besi hingga 13 miligram per 3/4 mangkuk) dan sayuran hijau (setengah mangkuk bayam = tiga miligram zat besi). Buah-buahan bervitamin C seperti buah jeruk juga dapat membantu peresapan zat besi ke dalam tubuh.

Kacang-kacang untuk wanita usia 30-an

Kacang-kacang kaya vitamin folat yang dibutuhkan seorang wanita sebelum dan selama masa kehamilan guna mencegah cacat lahir. Satu cangkir kacang-kacangan menawarkan sekira 200 hingga 300 mikrogram, tergantung pada varietas.

Folat sangat penting bagi calon ibu karena membantu menghasilkan dan membentuk sel-sel DNA baru yang sehat. Seperti zat besi, rekomendasi harian untuk folat tertinggi selama tahun-tahun masa subur (400 mikrogram per hari). Lebih tinggi lagi selama kehamilan (600 mikrogram per hari). Sedangkan saat menyusui 500 mikrogram per hari.

Gandum untuk wanita usia 40 tahun

Gandum murni akan membantu Anda melawan dua hal saat Anda memasuki usia 40-an.

1. Peningkatan tekanan darah akibat menebalnya dinding jantung dan arteri selama bertahun-tahun

2. Melambatnya metabolisme (metabolisme dalam tubuh akan mengalami perlambatan satu hingga dua persen setiap dekade setelah usia 30.

Roti gandum, beras merah, atau gandum murni dapat membantu Anda mendapatkan lebih banyak serat. Selain itu mereka mengandung kalium, mineral yang membantu menjaga tekanan darah normal.

Yogurt rendah lemak untuk wanita usia 50-an

Yogurt rendah lemak atau yang tanpa lemak merupakan sumber kalsium yang baik karena mengandung sekitar 400 miligram per cangkir.

Penguatan tulang dari kalsium akan menjadi semakin penting pada usia 50 tahunan. Begitu banyak kalsium yang dibutuhkan. Sehingga tingkat rekomendasi meningkat dari 1.000 menjadi 1.200 mg/hari. Mengapa? Saat seorang wanita berada di usia 30, sel-sel yang membangun tulang menjadi kurang aktif, sementara mereka yang membongkar tulang tetap bekerja. Kemudian kerugian ini dipercepat selama menopause akibat penurunan estrogen.

Cara lain untuk mendapatkan kalsium, misalnya dalam susu (1 cangkir skim milk = 306 mg), keju (1,5 ons, sekitar 300 mg), kangkung (1 cangkir yang dimasak, 179 mg), bayam (1/2 cangkir mentah kemudian dimasak, 99 mg). Makanan ini adalah sumber baik kalsium. (tty)

About these ads

Berikan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s